Suku Cadang Mobil Yang Wajib Diganti Rutin, Catat Bagiannya!

Suku Cadang Mobil

Suku Cadang Mobil

Suku Cadang Mobil Yang Wajib Diganti Rutin, Catat Bagiannya – Suku cadang mobil atau spare part mobil adalah sebuah komponen yang memiliki peran krusial dalam kondisi sebuah mobil. Baik atau tidaknya kondisi mobil ditentukan oleh kondisi suku cadang yang digunakan.

Penggunaan spare part yang asli dan perawatan secara berkala membuat performa mobil semakin maksimal dan menambah usia keawetan mobil.

Sehingga Anda harus mengganti secara rutin spare part yang sudah rusak atau bermasalah. Lalu apa saja suku cadang mobil yang harus diganti secara rutin? Selengkapnya perhatikan ulasan di bawah ini. 

Suku Cadang Mobil Yang Wajib Diganti Rutin

Ada beberapa jenis suku cadang mobil yang perlu diganti secara rutin, antara lain:

1. Suku Cadang Mesin

Adapun beberapa komponen dari  spare part mobil  bagian mesin yang harus diganti yaitu :

  • Filter Oli Plus Oli Mesin

Filter oli plus oli mesin berfungsi sebagai penyaring kotoran dari oli sebelum masuk ke mesin mobil, menjaga komponen mesin agar awet, hingga mengurangi gesekan antar komponen dalam mesin. Komponen ini wajib diganti setiap mobil mencapai jarak tempuh 10.000 km agar kinerja mesin tidak berat.

  • Filter Bensin

Komponen yang berfungsi sebagai penyaring kotoran agar bahan bakar tidak tercampur kotoran. Ganti jika komponen ini sudah kotor, jika tidak maka dapat menimbulkan masalah seperti mobil susah dinyalakan, dan lampu indikator mobil menyala.

  • Kampas Kopling

Berfungsi sebagai pemutus dan penyambung daya putar dari bagian mesin ke bagian transmisi. Komponen ini wajib diganti ketika mobil menempuh jarak 30.000-40.000 km apabila dibiarkan maka membuat kopling mobil menjadi terselip.

  • Kampas Rem

Berfungsi sebagai pengatur kecepatan ban saat mobil direm. Wajib diganti ketika kampas rem sudah mulai menipis karena dapat berpotensi menyebabkan kecelakaan. 

  • Bisnis

Berfungsi sebagai pemantik api sehingga mesin dapat bekerja secara maksimal. Apabila kotor atau rusak dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat menyala dan menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi rusak. Sehingga wajib diganti apabila jarak tempuh mobil sudah mencapai 20.000 km.

  • Aki

Sebagai penyimpan dan penyuplai listrik ke bagian sistem kelistrikan mobil. Apabila aki mobil mati maka beberapa komponen mobil yang membutuhkan sumber listrik, otomatis akan mati.

2. Suku Cadang Pendingin (AC) Mobil

Selanjutnya, ada beberapa spare part mobil bagian pendingin (AC) mobil yang wajib diganti, antara lain :

  • Saring AC

Komponen ini berfungsi untuk menyaring kotoran dan debu di dalam mobil, hingga menjaga udara di dalam mobil tetap dingin dan bersih.

  • Penguap

Berfungsi sebagai pendingin dalam kabin mobil.

  • Katup Ekspansi

Berfungsi mengurangi tekanan freon dan suhu udara dalam AC.

  • Kompresor

Sebagai pengirim freon ke bagian AC.

  • Kondensor

Berfungsi membuang suhu panas di dalam mobil.

 

3. Suku Cadang Pendukung

Adapun beberapa suku cadang mobil pendukung lainnya yang harus diganti juga, antara lain sebagai berikut : 

  • Melarang 

Komponen ini wajib diganti jika ban sudah mulai aus, biasanya diganti 5 hingga 7 tahun sekali tergantung kondisi ketebalan ban dan jarak tempuh mobil. 

  • Absorber atau Shockbreaker

Komponen yang berfungsi meredam guncangan saat mobil melewati jalan yang rusak dan bergelombang. Wajib diganti 2-3 tahun sekali. 

  • Komponen Penerangan atau Lampu Mobil

Lampu-lampu mobil biasanya memiliki usia pemakaian yang lebih pendek dibandingkan komponen mobil lainnya.

Pastikan selalu menggantinya dengan lampu baru jika lampu sudah bermasalah atau mati. Karena lampu tersebut berfungsi memberikan penerangan yang membantu jarak pandang berkendara dan memberikan sinyal kepada mobil lain ketika sedang berbelok atau terjadi ban bocor. 

Demikianlah suku cadang atau  spare part mobil yang wajib Anda ganti secara rutin , agar Anda selalu aman dan nyaman saat berkendara.

Pastikan Anda mengganti komponen yang rusak dengan spare part mobil asli. Anda bisa membelinya di dealer Daihatsu terdekat, atau bisa melakukan perawatan mobil secara menyeluruh di bengkel resminya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *