Apa Itu Onderdil? Ini Pengertian dan Jenis-jenisnya

Apa Itu Onderdil? Ini Pengertian dan Jenis-jenisnya – Apa itu Underdil? Mungkin di antara Anda masih ada yang belum paham tentang komponen dari otomotif yang satu ini.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), suku cadang diartikan sebagai suku cadang . Suku cadang sendiri adalah sebuah komponen pada suatu benda.
Yang ini saling berkaitan satu sama lain yang membentuk sebuah rangkaian kendaraan. Maka dari itu, nasabah selaku komponen otomotif juga perlu mendapatkan perawatan karena bisa terjadi kerusakan entah itu kecil maupun berat dan bisa mempengaruhi nasabah lainnya.
Perawatan kulit harus dilakukan secara rutin agar kondisinya tetap terjaga baik. Namun, tahukah Anda apa pengertian sebenarnya? Berikut ini informasinya.

Pengertian Onderdil

Dilansir dari situs resmi Wuling.id, onderdil atau suku cadang adalah sebuah barang yang berisi berbagai komponen dalam suatu kesatuan dan memiliki fungsi tertentu. Onderdil banyak dipakai di berbagai jenis kendaraan, sehingga jenis-jenisnya juga sangat beragam.

Perusahaan pasti memiliki kegunaan tersendiri, namun ada sistem kerjanya yang saling terkait dengan perusahaan lain. Setidaknya ada beberapa jenis onderdil yang sangat penting untuk diketahui dan dipelajari sistem kerjanya.

Jenis-Jenis Onderdil

1. Asli/Orisinil
Produsen peralatan asli atau OEM merupakan istilah yang menyatakan produk pabrikan asli atau orisinil. Produk orisinil biasanya memiliki kualitas yang bagus dan jenis produk orisinil banyak ditemukan di industri otomotif.
Produk asli biasanya akan diproduksi oleh pihak manufaktur asal atau bisa juga diproduksi perusahaan lain yang ditunjuk oleh pihak manufaktur. Mobil menjadi kendaraan yang dilengkapi dengan ratusan onderdil.
Tidak semua jenis produk dapat dibuat atau diproduksi oleh pihak manufaktur, sehingga ada beberapa jenis produk yang pembuatannya dialihkan ke perusahaan lain dan perusahaan tersebut pasti ditunjuk oleh pihak manufaktur sehingga produknya termasuk asli karena standarnya mengikuti aturan dari manufaktur.

2. Non Pabrikan atau Aftermarket

Yang kedua ada di bawah naungan aftermarket. Yang bukan pabrikan berarti bukan dari pabrik resmi merek kendaraan. Dan biasanya, ini tidak dikhususkan untuk penggunaan sehari-hari.
Onderdil ini digunakan untuk keperluan hobi, kustomisasi, balap dan berbagai keperluan lainnya. Pabrikan juga tidak dapat membuat pesanan yang sesuai dengan pesanan pelanggan.
3. KW
KW merupakan istilah yang cukup familiar di dunia otomotif. Yang dimaksud dengan tipe ini adalah yang palsu. Subjek KW ini umumnya terbagi menjadi 3 yaitu KW 1, 2 dan 3. Biasanya kategori ketiga KW hanya memiliki sedikit perbedaan yaitu pada bagian tampilan atau bahan pembuatan yang dipakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *